KRITERIA FASILITAS GURU SEKOLAH
DASAR DI DAERAH TERPENCIL
Guru merupakan unsur penting dalam
keseluruhan sistem pendidikan. Oleh karena itu peranan dan kedudukan guru dalam
meningkatkan mutu dan kualitas anak didik perlu diperhitungkan dengan sungguh-sungguh.
Status guru bukan hanya sebatas pegawai yang hanya semata-mata melaksanakan
tugas tanpa ada rasa tanggung jawab terhadap disiplin ilmu yang
diembannya.Untuk mencapai tujuan pendidikan yang baik dan bermutu guru
membutuhkan berbagai fasilitas penunjang untuk menyelengarakan program pendidikan.
Di berbagai pelosok daerah terpencil
Pendidikan Sekolah Dasar (SD), banyak guru yang mengeluh karena minimnya
fasilitas mengajar, kurangnya alat peraga,kurangnya peralatan kantor yang merupakan tempat bagi guru untuk
menyusun program terlaksananya suatu pendidikan, minimnya peralatan mengajar
seperti, Semua perangkat peralatan, bahan mengajar, buku sebagai acuan untuk
murid yang secara langsung digunakan dalam proses belajar di Sekolah, dan kondisi
gedung atau lokal belajar yang jauh lebih sempurna dibandingkan dengan yang di
kota, yang menjadi aktifitas mereka sehari hari dalam menjalankan
tugasnya, dengan kondisi tersebut yang membuat suasana belajar tidak menjadi nyaman.
Semua sarana dan prasarana tersebut
merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi Guru maupun Siswa karena semua fasilitas
tersebut adalah sebagai alat penunjang sekaligus jalan terlaksananya suatu
pendidikan, yang tujuannya untuk menghasilkan murid atau kelulusan yang bermutu
dan berkualitas. Sekolah Dasar yang berada di daerah terpencil seperti ini biasanya
selalu kesulitan untuk mendapatkan guru yang layak dan cukup,Karena dengan
minimnya fasilitas dan sulitnya akses jalan kesana, sehinga banyak guru yang
enggan ditugaskan di daerah terpencil.
Guru guru yang baru diangkat, rata rata lulusan Universitas
yang di kota dan sudah terbiasa dengan segala fasilitas yang cukup dan mewah, Setiap
tahun guru guru di lokasi seperti itu
selalu disiapkan untuk mengisi atau mengajar di daerah terpencil, Tetapi
itu hanya bertahan sesaat saja. Karena
guru guru tersebut selalu mengajukan usulan untuk pindah ke daerah yang lebih
baik dengan bergagai alasan. Alasan yang paling klasik sering terjadi yaitu,
mengikuti keluarga atau suami, dan ingin melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi lagi atau pascasarjana,
Kalaupun ada yang bertahan, mungkin itu karena sebagian mereka mendapatkan
keluarga di tempat tersebut, atau pun guru yang bersangkutan memang mempunyai
semangat yang baik untuk untuk memberikan pendidikan dan dia bersedia di
tempatkan di daerah terpencil walaupun dengan kondisi yang serba kekurangan.
Berbeda halnya dengan
guru yang sudah terbiasa dengan kondisi tersebut, mereka tidak pernah mengelu
dan berputus asa, untuk memberi pendidikan kepada anak didiknya, karena mereka
beranggapan bahwa anak-anak yang berada
di daerah terpencil berhak mendapat pendidikan dan ilmu pengetahuan seperti halnya dengan
anak-anak yang yang lain yang berada di
kota, Guru guru yang bertugas di daerah seperti ini, merupakan pahlawan
pendidikan yang sebenarnya. Mereka telah berjuang dan tidak pernah putus asa untuk memajukan
pendidikan di daerah terpencil, Walaupun dengan segala keterbatasan tetapi
bermodalkan semangat untuk memajukan pendidikan.
Dengan kondisi tersebut, Guru guru dan peserta didik yang
berada di daerah terpencil seperti ini, membutuhkan perhatian yang khusus dari
Pemerintah tentang kondisi pendidikan di daerah terpencil, Pemerintah jangan
hanya mengeluarkan Anggaran atau Dana untuk pendidikan, jika hanya memantau dan
memfokuskan perhatianya kepada sekola-sekolah yang berada di kota kota besar yang
mudah mereka jangkau, pemerintah juga harus memberikan perhatian yang khusus
dan memantau kondisi pendidikan di daerah terpencil, apakah Anggaran yang di
keluarkan oleh pemerintah tersebut sampai di sekolah sekolah terpencil yang
jauh dari Ibukota Kabupaten. Pihak sekolah yang berada di daerah terpencil juga
jangan hanya menunggu perhatian dari perintah tentang kondisi pendidikan di
sekolahnya, pihak sekolah atau Guru guru di daerah tersebut harus berperan
aktif untuk memajukan pendidikannya, yaitu dengan mengajukan berbagai usulan
atau proposal kepada pemerintah, karena peran dari pihak sekolah yang sangat
berpengaruh untuk memajukan pendidikannya, dan Masyarakat yang berada di
lingkungan sekolah atau Wali Murid siswa yang sekolah di daerah terpencil
seperti ini, juga harus ikut membantu pihak sekolah untuk memajukan pendidikan,
seperti ikut bergotogroyong untuk membangun sekolah,membangun jalan sehingga aksesjalan menuju sekolah
tersebut baik, dan membantu hal hal yang lainnya yang berhubungaan dengan
kebutuhan pendidikan, guna untuk kemajuan pendidkan di daerahnya dan terututama
untuk anaknya sendiri supaya memiliki ilmu dan pengetahuan yang baik.
Jika
Ketiga pihak tersebut, seperti Pemerintah, pihak sekolah atau guru-guru, dan
masyaraat atau wali murid yang tinggal
di daerah tersebut,ikut berperan serata untuk memajukan pendidikan di daerah terpencil, maka tidak ada lagi
problem atau keluhan yang terjadi, baik dari pihak guru-guru yang ditempatkan untuk mengajar di
daerah terpencil maupun peserta didik yang berada di daerah terpencil tersebut.
Karena Sekolah Dasar (SD) merupakan suatu pendidikan yang menyelenggarakan
pendidikan enam tahun . Oleh karena itu Sekolah Dasar merupakan salah satu
bentuk suatu pendidikan Dasar sebagai mana telah ditegaskan dalam tujuan
Institusional sekolah dasar adalah bekal kemampuan Dasar kepada siswa untuk
mengembangkan kehidupannya sebagai pribadi, anggota masyarakat, warga negara,
dan anggota umat manusia serta mempersiapkan sisiwa untuk melanjutkan pendidikan menengah atau Sekolah Lanjutan
Tingkat Pertama (SLTP).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar