Senin, 01 Juli 2013

Home » » kriteria fasilitas guru sekolah dasar di daerah terpencil

kriteria fasilitas guru sekolah dasar di daerah terpencil

KRITERIA FASILITAS GURU SEKOLAH DASAR DI DAERAH TERPENCIL

Guru merupakan unsur penting dalam keseluruhan sistem pendidikan. Oleh karena itu peranan dan kedudukan guru dalam meningkatkan mutu dan kualitas anak didik perlu diperhitungkan dengan sungguh-sungguh. Status guru bukan hanya sebatas pegawai yang hanya semata-mata melaksanakan tugas tanpa ada rasa tanggung jawab terhadap disiplin ilmu yang diembannya.Untuk mencapai tujuan pendidikan yang baik dan bermutu guru membutuhkan berbagai fasilitas penunjang untuk menyelengarakan program  pendidikan.
                                 
            Di berbagai pelosok daerah terpencil Pendidikan Sekolah Dasar (SD), banyak guru yang mengeluh karena minimnya fasilitas mengajar, kurangnya alat peraga,kurangnya peralatan kantor  yang merupakan tempat bagi guru untuk menyusun program terlaksananya suatu pendidikan, minimnya peralatan mengajar seperti, Semua perangkat peralatan, bahan mengajar, buku sebagai acuan untuk murid yang secara langsung digunakan dalam proses belajar di Sekolah, dan kondisi gedung atau lokal belajar yang jauh lebih sempurna dibandingkan dengan yang di kota, yang menjadi aktifitas mereka sehari hari dalam menjalankan tugasnya, dengan kondisi tersebut yang membuat suasana  belajar tidak menjadi nyaman.

            Semua sarana dan prasarana tersebut merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi Guru maupun Siswa karena semua fasilitas tersebut adalah sebagai alat penunjang sekaligus jalan terlaksananya suatu pendidikan, yang tujuannya untuk menghasilkan murid atau kelulusan yang bermutu dan berkualitas. Sekolah Dasar yang berada di daerah terpencil seperti ini biasanya selalu kesulitan untuk mendapatkan guru yang layak dan cukup,Karena dengan minimnya fasilitas dan sulitnya akses jalan kesana, sehinga banyak guru yang enggan ditugaskan di daerah terpencil.

Guru guru yang baru diangkat, rata rata lulusan Universitas yang di kota dan sudah terbiasa dengan segala fasilitas yang cukup dan mewah, Setiap tahun guru guru di lokasi seperti itu  selalu disiapkan untuk mengisi atau mengajar di daerah terpencil, Tetapi  itu hanya bertahan sesaat saja. Karena guru guru tersebut selalu mengajukan usulan untuk pindah ke daerah yang lebih baik dengan bergagai alasan. Alasan yang paling klasik sering terjadi yaitu, mengikuti keluarga atau suami, dan ingin melanjutkan pendidikan  yang lebih tinggi lagi atau pascasarjana, Kalaupun ada yang bertahan, mungkin itu karena sebagian mereka mendapatkan keluarga di tempat tersebut, atau pun guru yang bersangkutan memang mempunyai semangat yang baik untuk untuk memberikan pendidikan dan dia bersedia di tempatkan di daerah terpencil walaupun dengan kondisi yang serba kekurangan.

 Berbeda halnya dengan guru yang sudah terbiasa dengan kondisi tersebut, mereka tidak pernah mengelu dan berputus asa, untuk memberi pendidikan kepada anak didiknya, karena mereka beranggapan bahwa  anak-anak yang berada di daerah terpencil berhak mendapat pendidikan  dan ilmu pengetahuan seperti halnya dengan anak-anak yang  yang lain yang berada di kota, Guru guru yang bertugas di daerah seperti ini, merupakan pahlawan pendidikan yang sebenarnya. Mereka telah berjuang  dan tidak pernah putus asa untuk memajukan pendidikan di daerah terpencil, Walaupun dengan segala keterbatasan tetapi bermodalkan semangat untuk memajukan pendidikan.

Dengan kondisi tersebut, Guru guru dan peserta didik yang berada di daerah terpencil seperti ini, membutuhkan perhatian yang khusus dari Pemerintah tentang kondisi pendidikan di daerah terpencil, Pemerintah jangan hanya mengeluarkan Anggaran atau Dana untuk pendidikan, jika hanya memantau dan memfokuskan perhatianya kepada sekola-sekolah yang berada di kota kota besar yang mudah mereka jangkau, pemerintah juga harus memberikan perhatian yang khusus dan memantau kondisi pendidikan di daerah terpencil, apakah Anggaran yang di keluarkan oleh pemerintah tersebut sampai di sekolah sekolah terpencil yang jauh dari Ibukota Kabupaten. Pihak sekolah yang berada di daerah terpencil juga jangan hanya menunggu perhatian dari perintah tentang kondisi pendidikan di sekolahnya, pihak sekolah atau Guru guru di daerah tersebut harus berperan aktif untuk memajukan pendidikannya, yaitu dengan mengajukan berbagai usulan atau proposal kepada pemerintah, karena peran dari pihak sekolah yang sangat berpengaruh untuk memajukan pendidikannya, dan Masyarakat yang berada di lingkungan sekolah atau Wali Murid siswa yang sekolah di daerah terpencil seperti ini, juga harus ikut membantu pihak sekolah untuk memajukan pendidikan, seperti ikut bergotogroyong untuk membangun sekolah,membangun  jalan sehingga aksesjalan menuju sekolah tersebut baik, dan membantu hal hal yang lainnya yang berhubungaan dengan kebutuhan pendidikan, guna untuk kemajuan pendidkan di daerahnya dan terututama untuk anaknya sendiri supaya memiliki ilmu dan pengetahuan yang baik.
Jika Ketiga pihak tersebut, seperti Pemerintah, pihak sekolah atau guru-guru, dan masyaraat  atau wali murid yang tinggal di daerah tersebut,ikut berperan serata untuk memajukan pendidikan  di daerah terpencil, maka tidak ada lagi problem atau keluhan yang terjadi, baik dari pihak  guru-guru yang ditempatkan untuk mengajar di daerah terpencil maupun peserta didik yang berada di daerah terpencil tersebut. Karena Sekolah Dasar (SD) merupakan suatu pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan enam tahun . Oleh karena itu Sekolah Dasar merupakan salah satu bentuk suatu pendidikan Dasar sebagai mana telah ditegaskan dalam tujuan Institusional sekolah dasar adalah bekal kemampuan Dasar kepada siswa untuk mengembangkan kehidupannya sebagai pribadi, anggota masyarakat, warga negara, dan anggota umat manusia serta mempersiapkan sisiwa untuk melanjutkan  pendidikan menengah atau Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar