Jumat, 09 November 2012

Keberkahan, Keistimewaan & Keutamaan BulanPuasa Ramadhan






Keberkahan, Keistimewaan & Keutamaan BulanPuasa Ramadhan

Bulan Puasa/Ramadhan adalah bulan yang suci, penuh denganberkah, bulan penuh pengampunan dan bulan yang amat mulia.Maka sangat merugi dan disayangkan jika seorang muslimtidak menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan ini. Sebab belum tentu dibulan ramadhan yang akan datang( tahun depan ) anda masih bisa diberi kesempatan untukberjumpa lagi...
Berikut dibawah ini merupakan keberkahan-keberkadan,keistimewaan-keistimewaan dan keutamaan-keutamaan dibulan ramadhan ini :
1. Berkah puasa pada bulan Ramadhan Nabi bersabda: "Siapa saja yang berpuasa bulan Ramadhankarena iman dan ihtisab (mengharap pahala Allah) makadiampunkan dosa-dosanya yang telah lalu." Dalam hadits qudsiditerangkan: "Setiap amal manusia adalah untuknya. Sebuahkebaikan diganjar dengan sepuluh kali hingga 700 kali lipat,kecuali shaum. Aku yang akan memberi balasannya. Karena ia meninggalkan syhwatnya, makan dan minumnya untukKu.."
2. Berkah kabar gembira dan ucapan tahni'ah dengan Ramadhan Hal ini seperti yang termaktub dalam hadits, Rasulullahberdo'a: "Allahumma baarik lanaa fii Rajaba wa Sya'baan, waballighnaa Ramadhaan." Juga hadits: "Telah datang bulanRamadhan. Bulan penuh berkah. Allah mewajibkan shaum didalamnya atas kalian." Para salaf kita, dulu selalu berdo'a 6bulan sebelumnya agar dipertemukan dengan Ramadhan

3. Berkah malam pertama bulan Ramadhan Nabi bersabda: "Jika tiba awal pertama bulan Ramadhan, makasetan-setan dan jin jahat dibelenggu, semua pintu nerakaditutup dan seluruh pintu surga dibuka. Setiap malam adayang menyeru: "Wahai pencari kebaikan sambutlah danberhentilah kamu wahai pencari kejelekan…"
4. Berkah shalat malam dan tahajjud pada malam bulan Ramadhan Dalam hadits disebutkan: "Siapa saja yang berqiyamul lail(shalat malam) pada bulan Ramadhan karena iman dan ihtisab,maka diampunkanlah dosa-dosanya yang telah lalu." Jugadalam hadits lain dijelaskan: "Siapa saja yang shalat bersamaimam sampai imamnya pergi meninggalkan tempatnya makadicatat bagi orang tersebut shalat semalam suntuk…"(HR. Para pemilik Sunan dan disohihkan oleh Tirmidzi)
5. Berkah sedekah di bulan Ramadhan Nabi bersabda: "Sedekah yang paling afdhal ialah sedekahpada bulan Ramadhan." Rasulullah adalah orang yang palingdermawan dan bertambah kedermawanannya pada bulanRamadhan saat ditemui Jibril, beliau lebih dermawan daripadaangin yang bertiup.
6. Berkah memberi orang buka shaum Dalam hal ini Nabi bersabda: "Siapa saja yang memberi bukashaum pada bulan Ramadhan maka hal itu sebagai peleburdosanya dan mengentaskannya dari neraka. Dan baginyaseperti pahala orang tersebut tanpa terkurang sedikitpun."Sahabat bertanya: Wahai Rasul, tidak semua kami mampumelakukan hal itu. Maka beliau bersabda: "Allah memberikan pahala ini kepada orang yang memberi buka shaum walauseteguk susu, sebuah kurma atau seteguk air minum. Siapasaja yang memberi minum orang yang shaum, maka Allahmemberinya minum dari telagaku yang menajadikannya tidakhaus selamanya sampai ia masuk surga..."
7. Keberkahan do'a saat berbuka Nabi bersabda: "Bagi orang yang sedang berpuasa do'a taktertolak saat ia berbuka." Dalam hadits lain: "Bagi orang yangsedang shaum dua buah kebahagiaan; bahagia saat berbuka danbersuka cita ketika bersua Rabbnya." Demikian pula riwayatyang menyebutkan ada tiga orang yang do'anya makbul; do'aorang yang sedang shaum hingga ia berbuka, seorang imam yang adil dan orang yang teraniaya.
8. Berkah lailatul qadar Nabi bersabda: "Siapa saja yang melakukan qiyamul lail padamalam lailatul qadar karena didasari iman dan ihtisab, makadiampunkan dosa-dosanya yang telah lampau." Hal itu bisajadi, karena lailatul qadar lebih afdhal daripada 1000 bulan.Maka dari itu, sebagian sahabat dan salaf menganggap sunnahmandi dan memakai parfum pada 10 hari terakhir demi menjaring lailatul qadar.(Dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'anhu dari Nabi Shallallahu'alaihi wasallam, (bahwasanya) beliau bersabda."Artinya : Barangsiapayang berpuasa di bulan Ramadhan dengan penuh iman danihtisab maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu" (Hadits Riwayat Bukhari 4/99, Muslim 759)
9. Berkah sahur Rasulullah telah berwasiat: "Lakukanlah sahur, karenamengandung keberkahan." Juga: "Hendaknya kalianmelakukan sahur karena sahur adalah makanan yangdiberkahi." Tapi justeru: "Sahur itu seluruhnya adalahkeberkahan. Maka jangan kalian tinggalkan walau hanyasekedar dengan seteguk air, karena Allah dan para MalaikatNya mendo'akan bagi orang-orang yangmelakukannya." Hal ini bisa terjadi, karena: "Pembeda antarashaum kita dengan shaum ahli Kita adalah adanya sahur."
10. Berkah dalam safar di bulan Ramadhan Allah berfirman yang artinya: "Maka barangsiapa di antarakalian ada yang sakit atau dalam perjalan (lalu ia berbuka),maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yangditinggalkan itu pada hari-hari yang lain." (Al-Baqarah: 184)dalam hadits disebutkan: "Tidak termasuk suatu kebaikan,puasa dalam safar." Dalam hadits lain: "Bahwasanya Allah telah meletakkan shaum dan setengah shalat bagi musafir."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar